Beranda > Uncategorized > Holbrooke: Tak Ada Bukti Pakistan Tenggelam

Holbrooke: Tak Ada Bukti Pakistan Tenggelam

Amerika Serikat membantah kemungkinan jatuhnya pemerintahan Pakistan dalam waktu dekat dan mengatakan bahwa tidak ada bukti bahwa pemerintahan yang dipimpin Partai Rakyat Pakistan (PPP) akan jatuh.
Dalam upaya yang bisa saja merupakan upaya melemparkan beban di belakang pemerintahan PPP AS mengatakan bahwa kemungkinan jatuhnya pemerintahan amat kecil.
“Saya tidak melihat bukti bahwa pemerintah tengah tenggelam,” kata utusan khusus AS untuk Afghanistan dan Pakistan tersebut di hadapan sekelompok jurnalis sebagaimana dikutip kantor berita Dawn.
Mengisyaratkan kelanjutan dukungan Washington untuk pemerintah Pakistan, Holbrooke menyambut baik kinerja pemerintahan dan menyesalkan curahan perhatian untuk kemungkinan perubahan politik di Pakistan.
“Mereka (pemerintah Pakistan) melakukan yang terbaik yang bisa mereka lakukan dalam situasi yang amat sulit,” kata utusan AS tersebut.
Dalam pertemuan dengan Komandan Angkatan Darat Pakistan, Jenderal Ashfaq Parvez Kayani, yang dianggap Holbrooke sebagai “faktor politik yang amat kuat” di Pakistan, ia menegaskan bahwa pada tahapan ini, pemerintahan Obama tidak tertarik pada politik.
AS mungkin tidak beranggapan ada ancaman dalam waktu dekat terhadap pemerintahan Pakistan yang berkuasa saat ini, namun dari aktivitas yang dilakukan belakangan, terlihat bahwa AS amat mengkhawatirkan krisis ekonomi Pakistan dan tantangan rekonstruksi dan rehabilitasi yang dihadapi setelah bencana banjir melanda, demikian dilansir surat kabar tersebut.
Untuk beberapa lama, Pakistan memang dilanda rumor bahwa perubahan politik sudah amat dekat, dan kegagalan penanganan bantuan bencana banjir ditambah dengan rasa frustrasi masyarakat semakin mengobarkan rumor-rumor tersebut.
Sementara itu, Amerika juga berusaha menghindarkan ketidakstabilan politik di Pakistan. Tokoh lama dalam politik Pakistan, Bryan Hunt, yang baru-baru ini ditransfer ke Tanzania sebagai deputi kepala misi, untuk sementara dipanggil kembali untuk mengatasi situasi tersebut.
Perlu dicatat bahwa sang diplomat telah meninggalkan Pakistan baru pada awal Juli tahun ini, namun ia dilaporkan sudah kembali pada minggu pertama bulan September.
Sejak saat itu, diplomat senior AS tersebut sering bertemu dengan banyak politikus di kawasan tersebut, membahas skenario politik dan tantangan yang dihadapi negara tersebut saat ini.
Salah satu politikus yang bertemu dengan sang diplomat mengatakan bahwa Hunt menekankan perlunya “stabilitas politik dan menyelesaikan kekacauan ekonomi.”
Menurut keterangan sejumlah sumber, Hunt menyerukan agar mencurahkan perhatian pada upaya rekonstruksi dan rehabilitasi, distribusi bantuan serta kebijakan yang transparan guna mendongkrak pemasukan pemerintah.
Para diplomat AS lain yang turut hadir dalam pertemuan itu menyarankan kepada lawan bicara mereka bahwa mereka menantikan kerja sama dengan pemerintahan yang dipimpin PPP dalam fase rekonstruksi.
Hal ini bisa diartikan bahwa Amerika membantah kemungkinan jatuhnya pemerintah Pakistan dalam waktu dekat.
Amerika Serikat yakin bahwa anjloknya tingkat popularitas pemerintahan saat ini bisa diperbaiki jika pemerintah Pakistan berhasil memenuhi tantangan rekonstruksi.
Dalam konteks ini, pemerintahan Obama berusaha memanfaatkan pertemuan tingkat menteri FoDP (Friends of Democratic Pakistan)

View the Original article

Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: